Jumat, 11 Februari 2011

Hanya Ingin Mengingatkan


Hanya ingin mengingatkan
 

 

Kubur setiap hari menyeru manusia sebanyak lima kali:

 

1. Aku rumah yang terpencil, maka kamu akan senang dengan
selalu  membaca Al-Quran.

2. Aku rumah yang gelap, maka terangilah aku dengan selalu
solat malam.

3. Aku rumah penuh dengan tanah dan debu, bawalah amal
soleh yang menjadi hamparan.

  4. Aku rumah ular berbisa, maka bawalah amalan Basmallah
sebagai  penawar.

5. Aku rumah pertanyaan Munkar dan Nakir, maka banyaklah
bacaan

     "Laa ilahaillallah, Muhammadar Rasulullah", supaya
kamu dapat jawaban kepadanya.

 

 

Lima Jenis Racun dan Lima Penawarnya;

 

1. Dunia itu racun,  zuhud itu obatnya.

2. Harta itu racun,  zakat itu obatnya.

3. Perkataan yang sia-sia itu racun,  zikir itu obatnya.

4. Seluruh umur itu racun,  taat itu obatnya.

5. Seluruh tahun itu racun,  Ramadhan itu obatnya.




Kisah Dialog Rasulullah SAW Dengan Iblis



Diriwayatkan oleh Muadz bin Jabal r.a. dari Ibn Abbas r.a., ia berkata : ?Kami bersama Rasululah SAW berada di rumah seorang sahabat dari golongan Anshar dalam sebuah jamaah. Tiba-tiba, ada yang memanggil dari luar : ?Wahai para penghuni rumah, apakah kalian mengizinkanku masuk, karena kalian membutuhkanku ? Rasulullah SAW bertanya kepada para sahabat :?Apakah kalian tahu siapa yang menyeru itu ?? Para sahabat menjawab , ?Tentu Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui ? Rasulullah berkata : ?Dia adalah Iblis yang terkutuk ?semoga Allah senantiasa melaknatnya? Umar bin Khattab r.a. berkata :?Ya, Rasulullah, apakah engkau mengijinkanku untuk membunuhnya?? Nabi SAW berkata pelan :?Bersabarlah wahai Umar, apakah engkau tidak tahu bahwa dia termasuk mereka yang tertunda kematiannya sampai waktu yang ditentukan [hari kiyamat]?. Sekarang silakan bukakan pintu untuknya, karena ia sedang diperintahkan Allah SWT. Fahamilah apa
yang dia ucapkan dan dengarkan apa yang akan dia sampaikan
kepada kalian ! ?



Ibnu Abbas berkata : ?Maka dibukalah pintu, kemudian Iblis
masuk ke tengah-tengah kami. Ternyata dia adalah seorang
yang sudah tua bangka dan buta sebelah mata. Dagunya
berjanggut sebanyak tujuh helai rambut yang panjangnya
seperti rambut kuda, kedua kelopak matanya [masyquqatani]
memanjang [terbelah ke-atas, tidak kesamping], kepalanya
seperti kepala gajah yang sangat besar, gigi taringnya
memanjang keluar seperti taring babi, kedua bibirnya
seperti bibir macan / kerbau [tsur]. Dia  berkata,
?Assalamu ?laika ya Muhammad, assalamu ?laikum ya
jamaa?tal-muslimin [salam untuk kalian semua wahai
golongan muslimin]?lt;/I>. Nabi SAW menjawab :?Assamu
lillah ya la?in [Keselamatan hanya milik Allah SWT, wahai
makhluq yang terlaknat. Aku telah mengetahui, engkau punya
keperluan kepada kami. Apa keperluanmu wahai Iblis?



Iblis berkata :?Wahai Muhammad, aku datang bukan karena
keinginanku sendiri, tetapi aku datang karena terpaksa
[diperintah].?



Nabi SAW berkata :?Apa yang membuatmu terpaksa harus
datang kesini, wahai terlaknat??



Iblis berkata,?Aku didatangi oleh seorang malaikat utusan
Tuhan Yang Maha Agung, ia berkata kepada-ku ?esungguhnya
Allah SWT menyuruhmu untuk datang kepada Muhammad SAW
dalam keadaan hina dan bersahaja. Engkau harus memberitahu
kepadanya bagaimana tipu muslihat, godaanmu dan rekayasamu
terhadap Bani Adam, bagaimana engkau membujuk dan merayu
mereka. Engkau harus menjawab dengan jujur apa saja yang
ditanyakan kepa-damu? Allah SWT bersabda,?Demi kemulia-an
dan keagungan-Ku, jika engkau berbohong sekali saja dan
tidak berkata benar, niscaya Aku jadikan kamu debu yang
dihempas oleh angin dan Aku puaskan musuhmu karena bencana
yang menimpamu? Wahai Muhammad, sekarang aku datang
kepadamu sebagaimana aku diperintah. Tanyakanlah kepadaku
apa yang kau inginkan. Jika aku tidak memuaskanmu tentang
apa yang kamu tanyakan kepadaku, niscaya musuhku akan puas
atas musibah yang terjadi padaku. Tiada beban yang lebih
berat bagiku  daripada leganya musuh-musuhku yang menimpa
diriku?



Rasulullah kemudian mulai bertanya :?Jika kamu jujur,
beritahukanlah kepada-ku, siapakah orang yang paling kamu
benci ??



Iblis menjawab :?Engkau, wahai Muhammad, engkau adalah
makhluq Allah yang paling aku benci, dan kemudian
orang-orang yangmengikuti agamamu?



Rasulullah SAW :?Siapa lagi yang kamu benci??



Iblis :?Anak muda yang taqwa, yang menyerahkan jiwanya
kepada Allah SWT?



Rasulullah :?Lalu siapa lagi ??



Iblis :?Orang Alim dan Wara [menjaga diri dari syubhat]
yang saya tahu, lagi penyabar?



Rasulullah :?Lalu, siapa lagi ??



Iblis :?Orang yang terus menerus menjaga diri dalam
keadaan suci dari kotoran?



Rasulullah :?Lalu, siapa lagi ??



Iblis :?Orang miskin [fakir] yang sabar, yang tidak
menceritakan kefakirannya kepada orang lain dan tidak
mengadukan keluh-kesahnya ?



Rasulullah :?Bagaimana kamu tahu bahwa ia itu pe-nyabar ??



Iblis :?Wahai Muhammad, jika ia mengadukan keluh kesahnya
kepada makhluq sesamanya selama tiga hari, Tuhan tidak
memasukkan dirinya ke dalam golongan orang-orang yang
sabar ?



Rasulullah :?Lalu, siapa lagi ??



Iblis :?Orang kaya yang bersyukur ?



Rasulullah bertanya :?Bagaimana kamu tahu bahwa ia
bersyu-kur ??



Iblis :?Jika aku melihatnya meng-ambil dari dan
meletakkannya pada tempat yang halal?



Rassulullah :?agaimana keadaanmu jika kamu umatku
mengerjakan shalat ??



Iblis :?ku merasa panas dan gemetar?



Rasulullah :?enapa, wahai terlaknat??



Iblis :?Sesungguhnya, jika seorang hamba bersujud kepada
Allah sekali sujud saja, maka Allah mengangkat derajatnya
satu tingkat?



  Rasulullah :?ika mereka shaum ??



Iblis : ?Saya terbelenggu sampai mereka berbuka
puasa?lt;/SPAN>.



Rasulullah :?Jika mereka menunaikan haji ??



Iblis :?Saya menjadi gila?



Rasulullah :?ika mereka membaca Al Qur?n ??



Iblis :?Aku meleleh seperti timah meleleh di atas api?



Rasulullah :?Jika mereka berzakat ??



Iblis :?Seakan-akan orang yang berzakat itu mengambil
gergaji / kapak dan memotongku menjadi dua?



Rasulullah :?Mengapa begitu, wahai Abu Murrah ??



Iblis :?Sesungguhnya ada empat manfaat dalam zakat itu.
Pertama, Tuhan menurunkan berkah atas hartanya. Kedua,
menjadikan orang yang bezakat disenangi makhluq-Nya yang
lain. Ketiga, menjadikan zakatnya sebagai penghalang
antara dirinya dengan api neraka. Ke-empat, dengan zakat,
Tuhan mencegah bencana dan malapetaka agar tidak
menimpanya?



Rasulullah :?pa pendapatmu tentang Abu Bakar??



Iblis :?Wahai Muhammad, pada zaman jahiliyah, dia tidak
taat kepadaku, bagaimana mungkin dia akan mentaatiku pada
masa Islam?



Rasulullah :?Apa pendapatmu tentang Umar ??



Iblis :?Demi Tuhan, tiada aku ketemu dengannya kecuali aku
lari darinya?



Rasulullah :?pa pendapatmu tentang Utsman ??



Iblis :?Aku malu dengan orang yang para malaikat saja malu
kepadanya?



Rasulullah :?pa pendapatmu tentang Ali bin Abi Thalib ??



Iblis :?Andai saja aku dapat selamat darinya dan tidak
pernah bertemu dengannya [menukar darinya kepala dengan
kepala], dan kemudian ia meninggalkanku dan aku
meninggalkannya, tetapi dia sama sekali tidak pernah
melakukan hal itu?



Rasulullah :?Segala puji hanya bagi Allah yang telah
membahagiakan umatku dan menyengsarakanmu sampai hari
kiamat?



Iblis yang terlaknat berkata kepada Muhammad :?Hay-hata
hay-hata [tidak
mungkin- tidak mungkin]. Mana bisa  umatmu bahagia
sementara aku hidup dan tidak mati sampai hari kiamat.
Bagaimana kamu senang dengan umatmu sementara aku masuk ke
dalam diri mereka melalui alirtan darah, daging, sedangkan
mereka tidak melihatku.  Demi Tuhan yang menciptakanku dan
membuatku menunggu sampai hari mereka dibangkitkan. Akan
aku sesatkan mereka semua, baik yang bodoh maupun yang
pandai, yang buta-huruf dan yang melek-huruf. Yang kafir
dan yang suka beribadah, kecuali hamba yang mukhlis
[ikhlas]?



Rasulullah :?iapa yang mukhlis itu  menurutmu ??



Iblis dengan panjang-lebar menjawab :?Apakah engkau tidak
tahu, wahai Muhammad. Barangsiapa cinta dirham dan dinar,
dia tidak termasuk orang ikhlas untuk Allah. Jika aku
melihat orang tidak suka dirham dan dinar, tidak suka puji
dan pujaan, aku tahu bahwa dia itu ikhlas karena Allah,
maka aku tinggalkan ia. Sesungguhnya hamba yang mencintai
harta, pujian dan hatinya tergantung pada nafsu [syahwat]
dunia, dia lebih rakus dari orang yang saya jelaskan
kepadamu. Tak tahukah engkau, bahwa cinta harta termasuk
salah satu dosa besar. Wahai Muhammad, tak tahukan engkau
bahwa cinta kedudukan [riyasah]  termasuk dosa besar. Dan
bahwa sombong, juga termasuk dosa besar.  Wahai Muhammad,
tidak tahukan engkau, bahwa aku punya tujuh puluh ribu
anak. Setiap anak dari mereka, punya tujuh puluh ribu
syaithan. Diantara mereka telah aku tugaskan untuk
menggoda golongan ulama, dan sebagian lagi menggoda anak
muda, sebagian lagi menggoda orang-orang tua, dan sebagian
lagi menggoda orang-orang lemah. Adapun anak-anak muda,
tidak ada perbedaan di antara kami dan mereka, sementara
anak-anak kecilnyam, mereka bermain apa saja yang mereka
kehendaki bersamanya. Sebagian lagi telah aku tugaskan
untuk menggoda orang-orang yang rajin beribadah, sebagian
lagi untuk kaum yang menjauhi dunia [zuhud]. Setan masuk
ke dalam dan keluar dari diri mereka, dari suatu keadaan
ke keadaan yang lain, dari satu pintu ke pintu yang lain,
sampai mereka mempengaruhi manusia dengan satu sebab dari
sebab-sebab yang banyak. Lalu syaithan mengambil
keikhlasan dari mereka. Menjadikan mereka menyembah Allah
tanpa rasa ikhlas, tetapi mereka tidak merasa. Apakah
engkau tidak tahu, tentang Barshisha, sang pendeta yang
beribadah secara ikhlas selama tujuh puluh tahun, hingga
setiap orang yang sakit menjadi sehat berkat da?ahnya. Aku
tidak meninggalkannya sampai dia dia berzina, membunuh,
dan kafir [ingkar]. Dialah yang disebut oleh Allah dalam
Qur?n dengan firmannya [dalam Surah Al Hasyr] :?lt;SPAN
style="mso-spacerun: yes">  (Bujukan orang-orang munafik
itu adalah) seperti
(bujukan) syaitan ketika mereka berkata pada
manusia:"Kafirlah kamu", maka tatkala manusia itu telah
kafir ia berkata:"Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu
karena sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta
alam". (QS. 59:16).



Apakah engkau tidak tahu wahai Muhammad, bahwa kebohongan
itu berasal dariku. Akulah orang yang pertama kali
berbohong. Barangsiapa berbohong, dia adalah temanku, dan
barangsiapa berbohong kepada Allah, dia adalah kekasihku.
Apakah engkau tidak tahu, bahwa aku bersumpah kepada Adam
dan Hawa, ?Demi Allah aku adalah penasihat kamu berdua?
Maka, sumpah palsu merupakan kesenangan hatiku, ghibah,
membicarakan kejelekan orang lain, dan namimah, meng-adu
domba adalah buah kesukaanku, melihat yang jelek-jelek
adalah kesukaan dan kesenanganku. Barangsiapa thalaq,
bersumpah untuk cerai, dia mendekati perbuatan dosa,
meskipun hanya sekali, dan meskipun ia benar. Barangsiapa
membiasakan lisannya dengan ucapan cerai, istrinya menjadi
haram baginya. Jika mereka masih memiliki keturunan sampai
hari kiyamat, maka anak mereka semuanya adalah anak-anak
hasil zina. Mereka masuk neraka hanya karena satu kata
saja.



Wahai Muhammad, sesungguhnya diantara umatmu ada yang
meng-akhirkan shalat barang satu dua jam. Setiap kali mau
shalat, aku temani dia dan aku goda dia. Kemudian aku
katakan kepadanya:?Masih ada waktu, sementara engkau
sibuk? Sehingga dia mengakhirkan shalatnya dan
mengerjakannya tidak pada waktunya, maka Tuhan memukul
wajahnya. Jika ia menang atasku, maka aku kirim satu
syaithan yang membuatnya lupa waktu shalat. Jika ia menang
atasku, aku tinggalkan dia sampai ketika mengerjakan
shalat aku katakan kepadanya,?Lihatlah kiri-kanan? lalu ia
menengok. Saat itu aku usap wajahnya dengan tanganku dan
aku cium antara kedua matanya dan aku katakan
kepadanya,?Aku telah menyuruh apa yang tidak baik
selamanya? Dan engkau sendiri tahu wahai Muhammad, siapa
yang sering menoleh dalam shalatnya, Allah akan memukul
wajahnya.



Jika ia menang atasku dalam hal shalat, ketika shalat
sendirian, aku perintahkan dia untuk tergesa-gesa. Maka ia
?encucuk?shalat seperti ayam mematuk biji-bijian dengan
tergesa-gesa. Jika ia menang atasku, maka ketika shalat
berjamaah aku cambuk dia dengan ?ijam?[cambuk] lalu aku
angkat kepalanyasebelum imam mengangkat kepalanya. Aku
letakkan ia hingga mendahului imam. Kamu tahu bahwa siapa
yang melakukan itu, batal-lah shalatnya dan Allah akan
mengganti kepalanya dengan kepala keledai pada hari
kiyamat nanti.



Jika ia masih menang atasku, aku perintahkan dia untuk
mengacungkan jari-jarinya ketika shalat sehingga dia
mensucikan aku ketika ia sholat. Jika ia masih menang, aku
tiup hidungnya sampai dia menguap. Jika ia tidak menaruh
tangan di mulutnya, syaithan masuk ke dalam perutnya  dan
dengan begitu ia bertambah rakus di dunia dan cinta dunia.
Dia menjadi pendengar kami yang setia.



Bagaimana umatmu bahagia sementara aku menyuruh orang
miskin untuk meninggalkan shalat. Aku katakan
kepadanya,?Shalat tidak wajib atasmu. Shalat hanya
diwajibkan atas orang-orang yang mendapatkan ni?at dari
Allah? Aku katakan kepada orang yang sakit :?Tinggalkanlah
shalat, sebab ia tidak wajib atasmu. Shalat hanya wajib
atas orang yang sehat, karena Allah berkata :?Tidak ada
halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang,
tidak
(pula) bagi orang sakit, ??Demikianlah Allah menjelaskan
ayat-ayat(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya. (QS. 24:61)
Tidak ada dosa bagi orang yang sakit. Jika kamu sembuh,
kamu harus shalat yang diwajibkan? Sampai dia mati dalam
keadaan kafir. Jika dia mati dan meninggalkan shalat
ketika sakit, dia bertemu Tuhan dan Tuhan marah kepadanya.
Wahai Muhammad, jika aku bohong dan ngawur, maka mintalah
kepada Tuhan untuk membuatku jadi pasir.  Wahai Muhammad,
bagaimana engkau bahagia melihat umatmu, sementara aku
mengeluarkan seper-enam umatmu dari Islam.



Nabi berkata :?Wahai terlaknat, siapa teman dudukmu ??



Iblis :?Pemakan riba?



Nabi :?Siapa teman kepercayaanmu [shadiq] ??



Iblis :?Pe-zina?



Nabi :?Siapa teman tidurmu ??



Iblis :?Orang yang mabuk?



Nabi :?Siapa tamumu ??



Iblis :?Pencuri?



Nabi:?Siapa utusanmu ??



Iblis :?ukang Sihir?lt;/SPAN>.



Nabi :?Apa kesukaanmu ??



Iblis :?Orang yang bersumpah cerai?



Nabi :?iapa kekasihmu ??



Iblis :?rang yang meninggalkan shalat Jum?t?



Nabi :?ahai terlaknat, siapa yang memotong punggungmu ??



Iblis :?ingkikan kuda untuk berperang di jalan Allah?



Nabi :?Apa yang melelehkan badanmu ??



Iblis:?obatnya orang yang bertaubat?



Nabi:?pa yang menggo-songkan [membuat panas] hatimu ??



Iblis:?Istighfar yang banyak kepada Allah siang-malam.



Nabi:?Apa yang memuramkan wajahmu [membuat merasa malu dan
hina]??



Iblis:?Zakat secara sembunyi-sembunyi?



Nabi:?Apa yang membutakan matamu ??



Iblis :?Shalat diwaktu sahur [menjelang shubuh]?lt;/SPAN>.



Nabi:?Apa yang memukul kepalamu ??



Iblis:?MemperbBanyak shalat berjamaah?lt;/SPAN>.



Nabi:?Siapa yang paling bisa membahagiakanmu ??



Iblis :?Orang yang sengaja meninggalkan shalat?lt;/SPAN>.



Nabi:?siapa manusia yang paling sengsara [celaka]
menurutmu??



Iblis:?rang kikir / pelit?lt;/SPAN>.



Nabi:?Siapa yang paling menyita pekerjaanmu
[menyibukkanmu] ??



Iblis:?Majlis-majlis ulama?



Nabi:?Bagaimana kamu makan ??



Iblis:?engan tangan kiriku dan dengan jari-jariku?



Nabi:?imana kamu lindungkan anak-anakmu ketika panas ??



Iblis:?Dibalik kuku-kuku manusia?



Nabi:?Berapa keperluanmu yang kau mintakan kepada Allah ??



Iblis:?Sepuluh perkara?



Nabi:?Apa itu wahai terlaknat ??



Iblis :?Aku minta kepada-Nya untuk agar saya dapat
berserikat dalam diri Bani Adam, dalam harta dan anak-anak
mereka. Dia mengijinkanku berserikat dalam kelompok
mereka. Itulah maksud firman Allah :

Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka
dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan
berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah
dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah
mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada
mereka melainkan tipuan belaka. (QS. 17:64)

Setiap harta yang tidak dikeluarkan zakatnya maka saya
ikut memakannya. Saya juga ikut makan makanan yang
bercampur riba dan haram serta segala harta yang tidak
dimohonkan perlindungan kepada Allah dari setan yang
terkutuk. Setiap orang yang tidak memohon perlindungan
kepada Allah dari syaithan ketika bersetubuih dengan
istrinya maka syaithan akan ikut bersetubuh. Akhirnya
melahirkan anak yang mendengar dan taat kepadaku. Begitu
pula orang yang naik kendaraan dengan maksud mencari
penghasilan yang tidak dihalalkan, maka saya adalah
temannya. Itulah maksud firman Allah :?lt;B> ?.  , dan
kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu
yang berjalan kaki ? (QS. 17:64) .  Saya memohon
kepada-Nya agar saya punya rumah, maka rumahku adalah
kamar-mandi. Saya memohon agar saya punya masjid, akhirnya
pasar menjadi masjidku. Aku memohon agar saya punya
al-Qur?n, maka syair adalah al-Qur?nku. Saya memohon agar
punya adzan, mka terompet adalah panggilan adzanku. Saya
memohon agar saya punya tempat tidur, maka orang-orang
mabuk adalah tempat tidurku. Saya memohon agar saya punya
teman-teman yang menolongku, maka maka kelompok
al-Qadariyyah menjadi teman-teman yang membantuku. Dan
saya memohon agar saya memiliki teman-teman dekat, maka
orang-orang yang menginfaq-kan harta kekayaannya untuk
kemaksiyatan adalah teman dekat-ku. Ia kemudian membaca
ayat : Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah
saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat
ingkar kepada Rabbnya. (QS. 17:27)



Rasulullah berkata :?Andaikata tidak setiap apa yang
engkau ucapkan didukung oleh ayat-ayat dari Kitabullah
tentu aku tidak akan membenarkanmu?



Lalu Iblis meneruskan :?Wahai Muhammad, saya memohon
kepada Allah agar saya bisa melihat anak-cucu Adam
sementara mereka tidak dapat melihatku. Kemudian Allah
menjadikan aku dapat mengalir melalui peredaran darah
mereka. Diriku dapat berjalan kemanapun sesuai dengan
kemauanku dan dengan cara bagaimanapun. Kalau saya mau,
dalam sesaatpun bisa. Kemudian Allah berfirman kepadaku
:?Engkau dapat melakukan apa saja yang kau minta? Akhirnya
saya merasa senang dan bangga sampai hari kiamat.
Sesungguhnya orang yang mengikutiku lebih banyak daripada
yang mengikutimu. Sebagian besar anak-cucu Adam akan
mengikutiku sampai hari kiamat.



Saya memiliki anak yang saya beri nama Atamah. Ia akan
kencing di telinga seorang hamba ketika ia tidur
meninggalkan shalat Isya. Andaikata tidak karenanya tentu
ia tidak akan tidur lebih dahulu sebelum menjalankan
shalat. Saya juga punya anak yang saya beri nama
Mutaqadhi. Apabila ada seorang hamba melakukan ketaatan
ibadah dengan rahasia dan ingin menutupinya, maka anak
saya tersebut senantiasa membatalkannya dan dipamer-kan
ditengah-tengah manusia sehingga semua manusia tahu.
Akhirnya Allah membatalkan sembilan puluh sembilan dari
seratus pahala-Nya sehingga yang tersisa hanya satu
pahala, sebab, setiap ketaatan yang dilakukan secara
rahasia akan diberi seratus pahala. Saya punya anak lagi
yang bernama Kuhyal. Ia bertugas mengusapi celak mata
semua orang yang sedang ada di majlis pengajian dan ketika
khatib sedang memberikan khutbah, sehingga, mereka
terkantuk dan akhirnya tidur, tidak dapat mendengarkan apa
yang dibicarakan para ulama. Bagi mereka yang tertidur
tidak akan ditulis pahala sedikitpun untuk selamanya.



Setiap kali ada perempuan keluar pasti ada syaithan yang
duduk di pinggulnya, ada pula yang duduk di dagingbyang
mengelilingi kukunya. Dimana mereka akan menghiasi kepada
orang-orang yang melihatnya. Kedua syaithan itu kemudian
berkata kepadanya,?keluarkan tanganmu? Akhirnya ia
mengeluarkan tangannya, kemudian kukunya tampak, lalu
kelihatan nodanya.



Wahai Muhammad, sebenarnya saya tidak dapat menyesatkan
sedikitpun, akan tetapi saya hanya akan mengganggu dan
menghiasi. Andaikata saya memiliki hak dan kemampuan untuk
menyesatkan, tentu saya tidak akan membiarkan segelintir
manusia-pun di muka bumi ini yang masih sempat mengucapkan
?Tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah
Utusan-Nya? dan tidak akan ada lagi orang yang shalat dan
berpuasa. Sebagaimana engkau wahai Muhammad, tidak berhak
memberikan hidayat sedikitpun kepada siapa saja, akan
tetapi engkau adalah seorang utusandan penyampai amanah
dari Tuhan. Andaikata engkau memiliki hak dan kemampuan
untuk memberi hidayah, tentu engkau tidak akan membiarkan
segelintir orang-pun kafir di muka bumi ini. Engkau
hanyalah sebagai hujjah [argumentasi] Tuhan terhadap
makhluq-Nya. Ementara saya adalah hanyalah menjadi sebab
celakanya orang yang sebelumnya sudah dicap oleh Allah
menjadi orang celaka. Orang yang bahagia dan beruntung
adalahorang yang dijadikan bahagia oleh Allah sejak dalam
perut ibunya, sedangkan orang yang celaka adalah orang
yang dijadikan celaka oleh Allah sejak dalam perut ibunya.



Kemudian Rasulullah SAW membacakan firman dalam QS Hud :
Jikalau Rabbmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia
umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih
pendapat, (QS. 11:118) kecuali orang-orang yang diberi
rahmat oleh Rabbmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan
mereka. Kalimat Rabbmu (keputusan-Nya) telah ditetapkan;
sesungguh-nya Aku akan memenuhi neraka jahanam dengan jin
dan manusia (yang durhaka) semuanya. (QS. 11:119)
dilanjutkan dengan : Tidak ada suatu keberatanpun atas
Nabi tentang apa yang telah ditetapkan Allah baginya.
(Allah telah menetapkan yang demikian) sebagai sunnah-Nya
pada nabi-nabi yang telah berlalu dahulu. Dan adalah
ketetapan Allah itu suatu ketetapan yang pasti berlaku,
(QS. 33:38)?



Kemudian Rasulullah berkata lagi kepada Iblis : ?Wahai Abu
Murrah [Iblis], apakah engkau masih mungkin bertaubat dan
kembali kepada Allah, sementara saya akan menjamin-mu
masuk surga?



Ia iblis menjawab :?Wahai Rasulullah, ketentuan telah
memutuskan dan Qalam-pun telah kering dengan apa yang
terjadi seperti ini hingga hari kiamat nanti. Maka Maha
Suci Tuhan, yang telah menjadikanmu sebagai tuan para Nabi
dan Khatib para penduduk surga. Dia, telah memilih dan
meng-khususkan dirimu. Sementara Dia telah menjadikan saya
sebagai tuan orang-orang yang celaka dan khatib para
penduduk neraka. Saya adalah makhluq celaka lagi terusir.
Ini adalah akhir dari apa yang saya beritahukan kepadamu
dan saya mengatakan yang sejujurnya?



Segala puji hanya milik Allah SWT , Tuhan Semesta Alam,
awal dan akhir, dzahir dan bathin. Semoga shalawat dan
salam sejahtera tetap selalu diberikan kepada seorang Nabi
yang Ummi dan kepada para keluarga dan sahabatnya serta
para Utusan dan Para Nabi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar